SI TEHNIKA

BLOG CARA FLASHING

Cara Flash Poco X3



Poco X3 merupakan salah satu smartphone yang cukup populer di kalangan pengguna Android. Salah satu hal yang sering dilakukan oleh pengguna adalah melakukan flashing pada perangkat tersebut. Flasing sendiri adalah proses menginstal ulang sistem operasi pada smartphone. Bagi pengguna Poco X3 yang ingin melakukan flashing pada perangkatnya, berikut adalah panduan lengkapnya.

Sebelum memulai proses flashing, pastikan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu PC atau laptop, kabel USB, dan firmware Poco X3. Firmware dapat diunduh melalui situs resmi Xiaomi atau melalui situs-situs penyedia firmware lainnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan mode pengembang pada perangkat Poco X3. Caranya cukup mudah, pengguna cukup masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Tentang Telepon. Di bagian Informasi Perangkat, tekan Nomor Bangun Tujuh kali. Setelah itu, mode pengembang akan muncul di menu pengaturan.

Setelah mode pengembang diaktifkan, pengguna harus mengaktifkan opsi USB Debugging. Caranya kembali ke menu Pengaturan, lalu pilih Opsi Pengembang. Di sini, pengguna akan menemukan opsi USB Debugging. Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi On.

Langkah selanjutnya adalah menginstal Mi Flash Tool pada PC atau laptop. Mi Flash Tool adalah alat yang digunakan untuk melakukan flashing pada perangkat Xiaomi dan Poco. Pengguna dapat mengunduh Mi Flash Tool melalui situs resmi Xiaomi atau situs-situs penyedia firmware lainnya.

Setelah Mi Flash Tool terinstal pada PC atau laptop, selanjutnya adalah menghubungkan perangkat Poco X3 ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Pastikan perangkat terdeteksi di Mi Flash Tool.

Langkah selanjutnya adalah memilih firmware yang akan digunakan untuk melakukan flashing pada perangkat Poco X3. Setelah firmware dipilih, pengguna dapat memulai proses flashing dengan menekan tombol Flash. Pastikan perangkat dalam keadaan mati sebelum melakukan flashing.

Proses flashing memakan waktu beberapa menit, tergantung pada ukuran firmware yang digunakan. Pastikan perangkat tetap terhubung dengan PC atau laptop selama proses flashing berlangsung. Setelah proses flashing selesai, perangkat akan secara otomatis restart.

Setelah perangkat berhasil di-flash, pengguna dapat mengonfigurasi ulang perangkat dengan pengaturan default atau memulihkan data dari cadangan yang telah dibuat sebelumnya. Sebelum memulihkan data, pastikan terlebih dahulu cadangan data sudah disimpan di tempat yang aman.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan flashing pada perangkat Poco X3. Pertama, pastikan baterai perangkat dalam keadaan cukup penuh sebelum melakukan flashing. Kedua, pastikan firmware yang digunakan cocok dengan tipe perangkat yang digunakan. Pengguna juga perlu berhati-hati saat memilih firmware yang akan digunakan, karena firmware yang salah dapat merusak perangkat.

Disqus Comments

Popular Post

Cloud Categories

Fastboot (1) Firmware (1) Flashing (14) G610F (1) Huawei (1) J1 (2) J100H (1) J110G (1) J7 (1) Realme (13) Samsung (3) skema (5) Tutorial Flash (29) Uncategorized (24) Windows XP (1) Xiaomi (2) Y6 (1)